Wonderful Life: Get a Job with Your Creative CV

Entah tiba-tiba pengen nulis ini. Sebenernya mau pamer CV hasil kerja 2 hari 2 malam yang bikin aku dapet kerjaan sekarang ini. Kan sayang juga kalo ga dibagi-bagi.

Di posting sebelumnya aku udah cerita tentang time flies really fast sampe aku tiba-tiba udah hampir setahun jadi 'orang kantoran'. Kerjaan aku ini sebenernya agak melenceng dari jurusan kuliah. Waktu kuliah belajar pemrograman, jaringan, dan kawan-kawannya. Eh, sekarang malah sama sekali nggak pernah nyentuh itu semua. Kerjaanku di bidang e-commerce. Kalau pernah tau atau denger tentang Hemat.com (part of Kapanlagi Network), aku ada di balik layarnya. Agak pas sih sebenernya, karena waktu skripsi aku bikin website e-commerce. Yah, nyambung-nyambung dikit.

Nah, ternyata kalau orang bilang 'do what you love, love what you do' itu bener-bener passsss banget. Semua yang kamu lakuin bakalan asyik kalau itu passion-mu. As you (maybe) know, I'm the one and only who create Chugs. Meski nggak jadi sebesar online shop lainnya, tapi passion 'dagang' udah ada mulai SMA. Jadi waktu tau ada lowongan tentang bisnis online, langsung aja sabet.

So, here is my CV...

Creative CV Mita Adindayu



Nggak ada modal transkrip, SKL, apa lagi ijazah. Cuma CV dan surat lamaran pekerjaan. Karena memang belum lulus seutuhnya, revisi aja belum hahaha. Sebetulnya enggak ada ketentuan CV haru dibikin seperti itu ya. Cuma karena aku pengen yang 'beda', muncul deh ide bikin warna-warni. Sesuai sama kantornya juga, karena bidang entertainment, jadi ya CV aku bikin meriah.

Syarat lamarannya harus menyertakan biodata diri dan 10 produk online yang paling dicari. Karena sebelumnya belum pernah bikin ginian, googling deh. Comot dari sana-sini, diubah-ubah, ditambah, dikurangin, dan tadaaah jadi deh. Di situ bahkan aku nyebutin kalo punya blog. Dan ternyata, waktu interview dibahas loh :) Meski cuma ditanya, ngeblog tentang apa, mulai kapan, kenapa tertarik, atau sejenisnya. Ternyata ini berpengaruh sama kerjaan aku sekarang ini. Kerjaan nulis konten jadi agak luwes, pilih produk fashion sedikit banyak udah paham, dan ngerti dunia online.

Aku juga enggak lupa nyertain ketertarikan di bidang digital artwork dan bisa mengoperasikan Adobe Photoshop. Hobi otak-atik foto dari jaman SMP. Dan sekali lagi, itu juga berguna. Karena ternyata, yang dicari bukan sekedar yang bisa nulis dan hobi belanja, tapi juga yang bisa bikin banner untuk promo digital. Meski awal kerja sempet banyak koreksi dan sampe diminta belajar ke tim designer, aku malah lebih happy karena jadi dapet ilmu baru.

Skripsi bikin website penjualan online kayanya juga jadi nilai plus buat aku. Entah awalnya ngomongin apa, aku langsung aja nyelipin kalimat 'Saya waktu skripsi bikin online shop lho Pak'. Beliau langsung tertarik, 'Oya? Coba nanti kamu kirim email ke saya interfacenya'. Hufffff... rasanya dag dig dug. Hasil kerja keras berbulan-bulan yang bahkan cuma dilirik sama penguji sidang, akhirnya ada yang mau liat juga.

Kalau dilihat sekarang, CV ini masih jauuuuuhhh dibanding creative CV lain di google yang bisa kamu lihat. Tapi waktu dulu abis selesai bikin, CV ini keliatan wow banget dan bisa diandalkan.

Jadi saudara-saudara sekalian, temukan passion-mu dulu, baru deh berjuang buat dapetin maumu. Bapak Bos sama sekali enggak nanya berapa IPK ku waktu interview (Beliau nanya IPK waktu aku mau ijin ga masuk kerja karena mau wisuda hihi), lulus berapa tahun, cumlaude atau enggak, atau sebagainya yang selama ini diperjuangkan di kampus.


Setelah ngejalanin sampe sekarang, aku sadar ternyata Allah denger doaku. Dulu sempet pengen masuk jurusan desain grafis, tapi karena di Jember ga ada jurusan itu dan aku harus kuliah di Jember, terpilihlah fakultas Sistem Informasi. Akhirnya? Sekarang kerjaanku di bidang desain, otak-atik foto, kerja pake photoshop. Alhamdulillah...

Meski jauh dari rumah, gaji pas-pasan, kemana-mana sendiri, tapi selama apa yang aku kerjain aku suka dan enjoy (meski capek pasti ada), then I'm okay with it.

Sekian flashback (dan curhat) hari ini. Panjang...


Foto di depan kantor abis interview. Teteeeuupp ya nyempetin :3

Malang, 29 Agustus '16
10.57pm

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

featured Slider