Resiko Minum Kopi Saat Haid, Udah Tau?

Kepikiran nulis ini karena pengalaman pribadi nih. Karena aku doyan kopi mulai SMA dan semakin cinta sama minuman ini waktu kuliah. Cuma dia yang setia nemenin aku ngerjain skripsi sampe pagi :') Eh, tapi tau nggak sih, ternyata cewek nggak bisa sembarangan minum kopi, apalagi waktu haid. Ini aku juga sebetulnya baru tau sih (asli, telat banget).

Best quote di DW Coffee, Malang.

Jadi, baru-baru ini aku ngerasain bedanya minum kopi di saat enggak haid dan minum kopi di saat haid. Tiap hari pertama datang bulan aku memang selalu ngalamin dismenore, kadang sampe parah banget. Tapi di hari kedua dan seterusnya udah enggak. Nah, waktu aku minum kopi, di hari kedua bahkan sampai hari keempat, dismenore-nya nggak ilang. Sejak itu deh, aku cari tau hubungannya kopi sama haid.

Dari sumber-sumber yang aku dapat, ada yang bilang kopi berbahaya diminum saat haid, tapi ada juga yang bilang enggak ada hubungannya sama sekali. Hmmm.

Salah satunya dari Halosehat.com aku dapat info yang bikin merinding dan bener-bener mikir lagi kalau mau minum kopi di saat haid. Beberapa efek bahaya yang disebutkan, yaitu:
  • Resiko Kanker Payudara
  • Resiko Kanker Endometrium
  • Gejala PMS yang Buruk
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Gangguan Denyut Jantung
  • Kram Perut
  • Resiko Sindrom Fibrokistik Payudara 
  • Menstruasi Sangat Pendek 
Dari beberapa yang disebutkan, aku sendiri ngerasain efek kram perut dengan periode yang lebih lama dari biasanya. Meski enggak separah hari pertama, tapi lumayan bisa bikin meringis-meringis sendiri hehehe. Selain itu, siklus haid jadi enggak lancar. Kadang tanggalnya mundur, kadang maju. Well, kayanya ini masih normal sih ya.

Tapi, enggak sedikit juga sumber yang bilang sebaliknya. Dikutip dari klikdokter.com, alodokter.com, dan vemale.com, minum kopi di saat haid enggak berdampak apapun bagi tubuh dan kesuburan. Selama kita tetap menjaga pola hidup sehat dan seimbang, kopi masih sah-sah aja untuk kita nikmati.

Ambil amannya aja nih, aku berusaha menghindari ngopi kalau pas lagi haid. Meski kadang bandel juga kalau lagi pengen, aku batasi secangkir aja selama satu periode haid bulan itu. Ini juga karena aku nggak addict banget. Tapi kalau yang bener-bener addict, harus tetap dijaga biar enggak berlebihan dan diseimbangkan dengan banyak minum air putih yah (ups, aku sendiri masih kurang hahaha).

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

featured Slider